BLK Komunitas YANTRIB Alor Gelar Pelatihan Junior Administrasi Assistant

  • Whatsapp

Kalabahi, N9 — Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Yayasan Tribuana (YANTRIB) Alor menyelenggarakan Program Pelatihan Junior Administrative Assistent yang berlokasi di Kompleks Kampus Universitas Tribuana (UNTRIB) Kalabahi. Kegiatan dibuka oleh Ketua YANTRIB Alor Permenas Kolly, SE dan akan berlangsung (01 September – 12 Oktober 2020).

Satu-satunya BLK yang berada di Kabupaten Alor yang membuka ruang bagi masyarakat untuk melatih diri dan kemampuan sebelum terjun ke dunia kerja.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Alor, Muhammad Baesako, S.Sos menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada YANTRIB Alor atas penyelenggaraan kegiatan pelatihan pada BLK saat ini. Ia mengatakan, BLK Komunitas YANTRIB Alor merupakan satu-satunya yang ada di Alor. Untuk itu ia berharap BLK ini merupakan wadah yang mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap di pakai dalam dunia kerja.

Mad Baesaku mengatakan pihaknya siap bekerja sama dengan YANTRIB dan pihak kampus guna membangun SDM serta membangun Alor secara Keseluruhan. “Kepada seluruh peserta untuk tetap tekun dan mengikuti semua proses pelatihan hingga waktu yang telah di tentukan. Agar nantinya peserta yang keluar benar-benar profesional di bidangnya,” imbuhnya.

Sementara Rektor UNTRIB Kalabahi, Alvons Gorang, S.Sos, M.Ap mengajak semua untuk menaikkan syukur oleh karena kebaikan Tuhan, aktivitas pelatihan BLK ini mulai dilakukan. Ia mengatakan, kehadiran BLK ini telah melewati suatu proses yang panjang dan tidak mudah.

Menurutnya, ketika ada wacana adanya BLK dibenaknya, suatu bangunan yang besar dan didalamnya terdapat banyak program pelatihan. “Saya dan Pak Boy (Dosen UNTRIB) membuat proposal dan mengusulkan 6 macam program pelatihan. Namun dalam suatu kesempatan, saya bertemu dengan Dirjen Nakertrans Kementerian Tenaga Kerja RI yang menangani BLK. Saat itu semangatnya 1000 BLK di Indonesia yang merupakan Program Presiden RI, Ir. Joko Widodo. Sehingga UNTRIB berkesempatan dapat tetapi tidak semua program pelatihan itu masuk secara keseluruhan,” ungkap Alvons.

Ia menyampaikan syukur karena dengan perjuangan yang panjang, 30 Oktober 2019 dilakukan peresmian BLK sekaligus peresmian Rusunawa dan dilangsungkan acara Wisuda Sarjana bagi mahasiswa UNTRIB Kalabahi. Menurutnya, Yayasan dan kampus punya semangat untuk bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Alor dalam menyiapkan SDM yang handal, berkompetensi dan unggul secara terukur. Peserta terbaik dari pelatihan di BLK akan diterima untuk membantu kerja di kampus sebagai staf bahkan sebagai Sekretaris Rektor.

Ketua Yantrib Alor, Permenas Kolly menyampaikan terima kasih kepada Kepala Dinas Nakertrans yang telah hadir dalam acara pembukaan pelatihan tersebut. Menurutnya, banyak hal telah diuraikan oleh Kepala Dinas Nakertrans dan Rektor Untrib, namun ada beberapa hal yang ingin ditambahkan yaitu pelatihan penting bagi peserta. Ingin menjadi pemimpin maka perlu menorehkan prestasi. Menjadi seorang pemimpin harus mampu memimpin dirinya sendiri dan mampu memimpin orang lain. Sebab pemimpin tidak harus mendapatkan suatu jabatan tertentu.

Menas mengatakan program BLK adalah Program Presiden RI, Ir. Joko Widodo sehingga sudah sepatutnya Pemda Alor harus mendukung program ini. Ia berpesan kepada peserta untuk pergunakan waktu yang ada sebaik mungkin sebab banyak hal akan diterima saat pelatihan. Sebanyak 16 orang peserta Program Pelatihan Junior Administrative Assistent, BLK Komunitas Yayasan Tribuana Alor
dengan instruktur, Christin Malaikosa, S.Pd.M.Pd, dan Serly Susanty Penton, S.Pd.*(Joka)

Hits: 140

Pos terkait