KNPI ATU Gagas Program Tanam Bawang di Lahan Percontohan

  • Whatsapp

Kalabahi, N9 — Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Alor Tengah Utara (ATU) menggagas program tanam bawang merah di lahan percontohan berlokasi di Desa Ali Mebung Kecamatan ATU, Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk dukungan KNPI dalam mensukseskan program Pemerintah Daerah (Pemda) Alor yaitu Alor Kenyang.

Bacaan Lainnya

Camat ATU, Sabdi Makanlehi, S.Sos saat membuka kegiatan tersebut, Sabtu, (5/9/20) mengapresiasi karya nyata yang dilakukan KNPI di bidang pertanian yakni penanaman bawang merah. Kegiatan ini, lanjut Camat Sabdi, dilakukan sebagai jawaban atas pertanyaan Ketua KNPI Alor Zakarias Mautuka saat melantik pengurus KNPI ATU yaitu kerja, kerja dan kerja.

Camat ATU menyatakan, kegiatan ini terlaksana atas dukungan Petugas Penyuluhan Lapangan (PPL) Desa Ali Mebung. “Dari undangan yang dikeluarkan, kegiatan hari ini seharusnya dibuka oleh Bupati Alor Drs. Amon Djobo. Tetapi beliau berhalangan karena tugas dinas yang tidak bisa diwakili, sehingga saya yang buka,” ujar Camat ATU.

Camat Sabdi Makanlehi menandaskan, pihaknya juga terus berkolaborasi dengan KNPI untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang kreatif dan inovatif. Berkaitan dengan itu, rencananya upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober nanti diselenggarakan di puncak Gunung Laling ATU. “Upacara kita buat di gunung agar supaya semua orang bisa melihat bahwa alam ini merupakan alam keberkatan anugerah yang diberikan oleh Tuhan,” ungkap Sabdi.

Ia mengajak para kepala desa se Kecamatan ATU untuk terus membangun kerjasama yang baik dalam mensukseskan program Pemda Alor. “Lokasi ini namanya Parenta Ua. Dulu banyak sapi tapi sekarang sudah tidak ada sehingga digunakan oleh KNPI untuk bertanam. Saya mengajak para kepala desa serta semua pihak, mari kerjasama yang baik untuk menggerakkan setiap potensi yang ada,” imbuhnya.

Ia juga harapkan agar anak-anak muda yang ada di Ali Mebung agar mari belajar bersama KNPI untuk memanfaatkan lahan-lahan potensi yang ada untuk dikelola. Sehingga kedepan kita tidak lagi terima impor bawang untuk di konsumsi, tetapi bawang di tanam ini terus dikembangkan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat kabupaten Alor.

Ketua KNPI Alor Zakarias Mautuka, S.Pt, M.Si memuji pengurus KNPI ATU yang sudah membuat mimpi jadi kenyataan, yakni membuka lahan percontohan untuk ditanam bawang merah. Menurutnya, untuk melanjutkan program ini tentu tidak mudah. Karena itu ia harapkan terus membangun stakeholder untuk saling bahu-membahu mensukseskan program ini agar lebih baik.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Desa Ali Mebung Almedu Kafolata dan Danposramil ATU. Keduanya menyebut, program KNPI ini adalah bentuk motivasi mendorong anak-anak muda untuk membuat hal baik. “Kalau dulu orang bilang wilayah Mebung itu rawan anak nakal. Sekarang sudah ada kegiatan seperti ini membuka lapangan kerja. Sehingga mereka akan disibukan dengan pekerjaan,” ungkapnya.

Ketua Bidang Pertanian KNPI ATU, Omri Bin Mikael Manilani, S.ST juga menyatakan bahwa program ini telah merekrut 11 orang tenaga kerja yang dipilih dari Desa Ali Mebung, Petleng dan Desa Nur Benlelang. Ia menyebut, program KNPI saat ini masih fokus pada penanaman bawang merah. “Kami masih fokus pada penanaman bawang merah dan jenis tanaman lainnya yang umur tiga bulan sudah bisa panen,” kata Omri.

Omri menyebut, lahan percontohan seluas kurang lebih tiga hektar ini dikelola KNPI untuk pertanian dengan sistem kontrak. “Bibit bawang yang kami tanam ini, setelah berhasil nanti akan dijual. Kami juga memulai usaha ini dengan modal dana pinjaman BUMDES,” kata Omri.*(Joka)

Hits: 101

Pos terkait