Fakta Dan Penanganan Kasus Covid-19 Pertama Di Malaka

  • Whatsapp

Malaka, N9 — Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH (SBS), selaku Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 menjelaskan secara gamblang terkait kasus positif Covid-19 pertama di Malaka, dalam jumpa perss yang digelar di Kantor Bupati Malaka, Senin (14/09/2020).

Berikut beberapa Fakta dan tindakan yang sudah dilakukan gugus tugas guna menangani kasus pertama positif Covid-19 tersebut:

Bacaan Lainnya

  1. Yang bersangkutan adalah pegawai salah satu instansi pemerintahan di Kabupaten Malaka.
  2. Yang bersangkutan pernah menghadiri hajatan duka di Jogjakarta.
  3. Ketika kembali dari Jogjakarta, yang bersangkutan, atas inisiatif sendiri, menjalani Rapid Tes di RSUPP Betun.
  4. Karena hasil Rapid Tes reaktif, yang bersangkutan diambil swab untuk dites di Laboratorium di Provinsi dan hasilnya Positif.
  5. Bahwa yang bersangkutan tidak menunjukkan gejala klinis.
  6. Usai mengetahui hasil tes swab tersebut, sesuai aturan, yang bersangkutan langsung menjalani isolasi mandiri di tempat tinggalnya, dibawa pengawasan petugas Kesehatan dan petugas Keamanan (Polri, Pol PP, TNI) selama 24 jam.
  7. Semua oang (keluarga atau tenan-teman) yang kontak dengan yang bersangkutan dilakukan rapid test untuk memastikan bahwa mereka tidak tertular.
  8. Bahwa Gugus Tugas telah berhasil menelusuri beberapa orang yang kontak langsung dengan yang bersangkutan untuk menjalani rapid tes.
  9. Yang bersangkutan saat ini telah dievakuasi ke RSUPP Betun untuk menjalani isolasi di ruang isolasi yang telah disiapkan Pemda Malaka. Maksudnya, untuk mempermudah pengawasan terhadap yang bersangkutan.
  10. Status Kabupaten Malaka saat ini adalah Zona Kuning, bukan Zona Merah, karena yang bersangkutan tidak menunjukkan gejala klinis.

Terkait hal itu, Ketua Gugus Tugas, SBS, juga menyampaikan beberapa himbauan kepada masyarakat Kabupaten Malaka:

  1. Masyarakat tidak perlu panik dan ketakutan, tetap melakukan aktifitas seperti biasa.
  2. HARUS SELALU MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN era covid-19 yaitu PAKAI MASKER, SELALU CUCI TANGAN, HINDARI KERUMUNAN, JAGA JARAK serta MAKAN dan MINUM YG TERATUR serta TERTIB, selalu terapkan POLA HIDUP SEHAT dan BERSIH.

Bupati Malaka, pada kesempatan tersebut juga menegaskan, pihaknya akan tetap memperketat surveilance di pintu-pintu masuk ke Kabupaten Malaka.*(JoGer)

Hits: 1016

Pos terkait