SBS Bilang Begini Kepada DPRD TTU Yang Stuba Di Malaka

  • Whatsapp

Malaka, N9 — Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) melakukan studi banding (Stuba) di Kabupaten Malaka terkait penanganan bencana banjir. Kegiatan Stuba berlangsung selama 3 hari dan pada hari ke dua, Kamis (15/10/2020), dilakukan peninjauan lapangan, yang dimulai dengan pemantauan perkuatan tebing sungai Benenain di Desa Haitimuk, Kecamatan Weliman.

Bacaan Lainnya

Bertepatan dengan itu, Bupati Malaka yang sedang menjalani cuti kampanye, dr. Stefanus Bria Seran, MPH (SBS) dan rombongan, dalam perjalanan menuju titik kampanye di Kecamatan Malaka Timur menyempatkan diri mampir dan menyapa Ketua DPRD TTU dan Komisi III di lokasi peninjaun lapangan.

Pada kesempatan tersebut, SBS yang dikenal ramah kepada semua tamu yang datang ke Kabupaten Malaka mengungkapkan 2 hal prinsip dalam menghadapi bencana, yakni sebab bencana dan akibat atau dampak bencana.

“Dua hal itu, yakni sebab banjir dan dampak banjir itulah yang kami lakukan di Kabupaten Malaka. Danpak banjir harus ditangani supaya tidak terjadi lagi, sedangjan danpak banjir diatasi supaya rakyat yang sedang susah terbantu”, jelas SBS, yang ketika itu didampingi Ketua Koalisi Parpol Pengusung SBS-WT, yang juga Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Malaka, Devi Hermin Ndolu, SH.

Karena alasan tersebut, lanjut SBS, pada awal kepemimpinannya, ketika terjadi banjir dan dirinya hendak memantau ke lokasi banjir, pimpinan OPD yang diajak ke sana adalah PUPR, Keuangan Bapeda dan Inspektorat, baru kemudian Kesehatan dan Sosial.

“Saya ajak PUPR kareba dia yang tahu teknisnya kenapa terjadi banjir dan bagaimana mengatasinya, kemudian Keuangan karena dia yang tahu kondisi keuangan, kemudian Bapeda karena dia yang tahu bagaimana mengelola uang yang ada untuk atasi sebab banjir dan Inspektorat karenna dia yang diberi wewenang untuk awasi penggunaan uang”, tambah SBS.

Diberitakan sebelumnya, Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) yang membidangi infrastruktur melakukan Studi Banding (Stuba) tentang Penanggulangan Bencana Banjir di Kabupaten Malaka. Kegiatan Stuba selama 3 hari tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD, Hendrik F. Bana, SH.

Selain meniinjau perkuatan tebing penahan Sungai Benenain, Komisi III DPRD juga meninjau penahan abrasi di Pantai Motadikin serta penataan kawasan wisata Pantai Motadikin.*(JoGer)

Hits: 314

Pos terkait