Wisuda Merupakan Momentum Penting Dalam Dunia Pendidikan

  • Whatsapp

Kalabahi, N9 — Universitas Tribuana (UNTRIB) Kalabahi, Alor – NTT mewisudakan 259 lulusan yang terdiri dari 15 Sarjana Matematika, 7 Sarjana Kimia, 51 Sarjana Komputer, 44 Sarjana Pertanian, 16 Sarjana Perikanan, 12 Sarjana Hukum, 47 Sarjana Manajemen, 28 Sarjana Pendidikan Teologi dan 39 Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris.

Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Wisuda Sarjana Angkatan ke-IX UNTRIB Kalabahi berlangsung di Aula Gereja Pola Tribuana Kalabahi. Acara ini berlangsung dengan mematuhi Protap Kesehatan Pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Rektor UNTRIB Kalabahi, Alvonso Gorang, S. Sos, MM dalam sambutannya mengatakan lulusan ini merupakan salah satu bentuk perwujudan tanggung jawab UNTRIB kepada gereja, pemerintah dan masyarakat serta Bangsa dan Negara Indonesia dan sekaligus merupakan wujud karya utama Universitas Tribuana Kalabahi. Ia menyebut, dengan diwisudanya sebanyak 259 orang lulusan ini, maka UNTRIB Kalabahi telah menamatkan lulusan sebanyak 1.552.orang.

“Kepada orangtua, orangtua asuh, donatur, penyedia beasiswa dan keluarga wisudawan, kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan, dukungan dan partisipasinya. Kami bersyukur, dan berbahagia atas keberhasilan anak-anak kita generasi muda penerus cita-cita bangsa yang di wisuda hari ini,” ungkap Rektor UNTRIB.

Rektor Alvonso juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh dosen dan karyawan di lingkungan Universitas Tribuana atas kerja keras dan kerja samanya dalam melaksanakan tugas serta mendidik mahasiswa, sehingga mereka berhasil menyelesaikan studinya, dan diwisuda.

Rektor menandaskan, Wisuda merupakan suatu momentum penting dalam dunia pendidikan, wisuda juga merupakan momentum yang sangat bermakna bagi keluarga wisudawan. “Karena itu, momentum ini dapat diartikan sebagai saat berakhirnya tugas dan tanggung jawab lembaga dalam mengantarkan secara formal mahasiswa menjadi lulusan. Sebagai insan yang berilmu dan berakhlak mulia, serta siap meniti profesi dan karir dengan andalan ilmu sesuai dengan bidang keahlian,” tandasnya.

Rektor berpesan, jadikanlah wisuda ini sebagai momentum untuk berusaha dan bekerja lebih keras lagi demi keberhasilan yang akan datang. Sebab, untuk menuju masa depan yang berharapan cerah Saudara-saudara telah dibekali pengetahuan dan keterampilan serta bekal hidup yang memadai dengan kecerdasan spiritual, intelektual, sosial dan emosional. “Kami yakin bahwa Saudara-saudara dapat segera mengintegrasikan diri dengan lingkungan, memanfaatkan dan menciptakan kesempatan, mampu berkompetisi secara sehat dan sportif,” tandas Rektor.

Rektor menyebut, dengan kecerdasan majemuk itu pula Saudara memiliki kemampuan andal. Tidak hanya menjadi pencari kerja (job seeker) tetapi juga menjadi pencipta kerja (job creator). Sebab keberhasilan sangat bergantung pada kepiawaian dalam membaca peluang dan menciptakan peluang untuk memberdayakan diri sebagai insan yang sudah memiliki pengalaman belajar dan kompetensi. Rektor berpesan kepada Wisudawan agar harus menatap masa dengan sikap percaya diri.

“Kami keluarga besar Universitas Tribuana mengharapkan saudara-saudara pandai dan bijak dalam memanfaatkan pengalaman belajar. Dengan demikian hasil belajar itu demi keberhasilan saudara-saudara nanti. Ingatlah bahwa belajar dilakukan untuk melengkapi diri agar bermanfaat bagi orang lain juga komunitas yang lebih besar,” tandasnya.

“Semua unsur pimpinan para dosen dan segenap karyawan UNTRIB telah memberikan layanan yang terbaik demi keberhasilan saudara. Jasa mereka telah menjadi bagian kehidupan saudara. Karena itu sangatlah arif dan bijak jika semua layanan dan jasa yang mereka berikan itu diterima sebagai kelengkapan hidup saudara-saudara sebagai kenangan indah yang penuh hikmah,” imbuhnya.

Lanjut Rektor, lebih dari itu, pihaknya berharap Wisudawan yang akan menjadi alumni pemegang panji almamater, kiranya senantiasa menjaga nama baik almamater. Sebab sebagai alumni, Saudara-saudara adalah bagian integral dari civitas akademika dalam membesarkan Universitas tercinta ini.

Rektor menandaskan, Kampus UNTRIB Kalabahi sudah berupaya semaksimal mungkin untuk menghasilkan lulusan yang  berkualitas,  yang memiliki kompetensi dalam bidang ilmunya. Ia menjelaskan, kompetensi sendiri diartikan sebagai akumulasi kemampuan seseorang dalam melaksanakan kerja secara terukur melalui asesmen terstruktur, yang mencakup aspek kemandirian dan tanggung jawab individu pada  bidang  kerjanya.

“Karena menyangkut tanggung jawab individu, maka di dalam kompetensi termasuk pula jiwa dan semangat kewirausahaan. Orientasi dari kompetensi adalah pemenuhan kebutuhan stakeholder yang mencakup kebutuhan   professional (professional needs), kebutuhan masyarakat (social needs), kebutuhan dunia kerja (industrial needs) dan kebutuhan generasi masa  depan  (scientific vision aspecs),” tandasnya.

Ia menyebut, apabila saudara-saudara sanggup memenuhi berbagai kebutuhan tersebut, maka dirinya percaya kebutuhan untuk diri sendiri dan untuk keluarga akan terpenuhi juga. Menurutnya, peran Perguruan Tinggi adalah mendidik manusia untuk menjadi SDM yang handal sebagai pemberi modal awal atau talenta untuk diperbungakan. Namum untuk di simpan atau diperbungakannya talenta tersebut, tergantung kepada masing-masing individu.

“Kami tentu berharap saudara-saudara dapat mengembangkan modal talenta yang sudah saudara-saudara terima agar bisa terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Janganlah berhenti belajar. Belajarlah selama hayat masih dikandung badan. Sebagian besar dari Saudara adalah generasi milenial, yang lahir dalam suasana yang berbeda dengan saat ketika sebagian besar orangtua Saudara sekolah,” pesannya.

Rektor menguraikan bahwa tantangan Saudara Wisudawan jauh berbeda dengan yang dihadapi orang tua. “Tantangan orang tua dahulu adalah keterbatasan informasi. Sehingga mereka harus pandai dalam mencarinya. Sedangkan tantangan Saudara justru sebaliknya, yaitu banjir informasi sehingga saudara harus bijak dalam memilihnya,” imbuhnya.*(Joka)

Hits: 112

Pos terkait